TRIK MENDAPAT ILMU LADUNNI DARI IMAM AL-GHOZALI

KEISTIMEWAAN ILMU LADUNI: KISAH UNIK GUS DUR DAN GUS MUS

Di kalangan para santri banyak yang ingin dianugerahi ilmu laduni. Ilmu yang diberikan Allah kepada siapa saja yang dikehendakiNya. Banyak cerita “aneh bin ajaib” soal ini dari dunia pesantren.

Gus Dur, misalnya, menolak dibilang punya ilmu laduni, “laduni apa? mataku sampai rusak gini karena membaca berbagai kitab, kok dibilang laduni” begitu mas Dhohir Farisi, menantu Gus Dur, menceritakan ulang kepada saya komentar Gus Dur. Artinya, pengetahuan yang diperoleh Gus Dur merupakan hasil kasbi (usaha) bukan semata-mata wahbi (pemberian). En toch meski sudah dibantah sendiri oleh beliau, banyak yang tetap percaya Gus Dur itu laduni. Banyak contoh soalnya..

Misalnya kisah Gus Dur yang ketiduran dalam sebuah pertemuan resmi bersama Perdana menteri India. Kesaksian Prof Mahfud MD, begitu Gus Dur dicolek agar bangun, beliau langsung bisa membahas dengan detil apa yang tadi disampaikan PM India tersebut. Lha kok bisa?

Dalam salah satu tulisan DR KH Husein Muhammad, diceritakan pernah Ning Alissa Wahid, Gus Dur dan Gus Mus masuk ke sebuah toko buku, Gus Dur ambil satu buku dan bolak-balik sebentar, setelah itu keluar dari toko buku dan ketika ditanya kenapa gak jadi membeli. beliau jawab dengan santai: “aku sudah tahu isinya”.

Gus Mus sendiri tidak jauh2 dari soal laduni. Dulu sewaktu di Krapyak, Gus Mus kabarnya mengalami sesuatu yang luar biasa. Beliau tiba2 menjadi sangat cerdas sekali; membaca buku, hafal, mendengarkan orang, hafal, dan waktu guru mengajarkan juga langsung hafal. Bahkan kabarnya kalau di kelas sebelah ustad sedang mengajar tarikh, Gus Mus hanya ikut mendengarkan saja langsung hafal, padahal di kelasnya sendiri beliau sedang belajar nahwu.

Baca juga:  Cara Menghadirkan Nabi Khidir as

Itulah kelebihan Gus Dur dan Gus Mus. Dzalika fadlullahi yu’tihi man yasya’ wallahu dzul fadlil azhim.

(Prof Nadirsyah Hosen, Rais Syuriah PCI NU Australia-New Zealand) https://bangkitmedia.com
—————

 

Tags: #Gus Dur #Ilmu Laduni Nabi Khidir #imam ghazali #Karomah Gus Dur

ZAKAT FITRAH
NIAT ZAKAT FITRAH UNTUK DIRI SENDIRI, NIAT ZAKAT FITRAH UNTUK ANAK, ISTRI KELUARGA
KISAH AHLI TAHAJUD DITEMUI MALAIKAT
Ada seorang ahli tahajud bernama Abu bin Hisham yang sangat rajin dalam tahajud.
SHALAT KAFARAH DI HARI JUM’AT TERAKHIR BULAN RAMADHAN
SHALAT KAFARAH DI HARI JUM'AT TERAKHIR BULAN RAMADHAN
Nama Islami Dan Artinya Lengkap Alif – Ya’
Nama islami dan artinya lengkap alif sampai Ya' untuk bayi laki laki dan

Tinggalkan pesan "TRIK MENDAPAT ILMU LADUNNI DARI IMAM AL-GHOZALI"