TIGA RATUS WALI YANG QOLBUNYA SEPERTI QOLBU NABI ADAM

Diposting pada

Daftar Isi

Tiga ratus wali yang mempunyai qolbu seperti Nabi Adam a.s., jumlahnya tidak kurang dan tidak lebih di setiap zamannya.

Sabda Nabi Saw. tentang tiga ratus orang yang mempunyai qolbu seperti Adam juga sabda beliau tentang orang-orang yang mempunyai hati seperti manusia-manusia yang agung (para nabi dan rasul) dan para malaikat, mengandung arti bahwa orang-orang seperti itu mempunyai hati yang sesuai dengan pengetahuan ilahiah.

Ilmu-ilmu ilahiah masuk ke dalam hati, maka setiap ilmu yang masuk ke dalam hati orang besar, baik ia raja maupun rasul, berarti ilmu itu juga masuk ke dalam hati orang-orang yang mirip dengan hati raja dan rasul itu.

Baca juga:  al Qusyairi, Prinsip-Prinsip Tasawuf Ahlu Sunnah

Sebagaimana yang biasa diungkapkan oleh sebagian orang, “Si Zaid mempunyai langkah seperti si Ahmad.” Muhyiddin Ibnu ‘Arabi berpendapat bahwa dalam hadisnya, Rasulullah tidak menyebutkan tiga ratus orang yang berhati seperti Adam itu ada dalam umatnya saja atau ada di setiap zaman.

Dan kita hanya mengetahui mereka dalam setiap zaman dengan jalan mukasyafah. Setiap zaman tidak pernah kosong dari jumlah ini. Tiga ratus orang itu mempunyai tiga ratus akhlak ilahiyah.

Baca juga:  WALIYULLAH WANITA, Syeikhah Sulthonah az-Zabidi rha

Barangsiapa berakhlak dengan salah satunya saja, maka ia akan mencapai kebahagiaan. Mereka adalah orang-orang yang terpilih dan sangat suka memanjatkan doa Nabi Adam a.s., Ya Tuhan kami, kami telah berbuat zalim kepada diri kami sendiri.

Dan jika Engkau tidak mengampuni kami dan memberi rahmat kepada kami, niscaya kami termasuk orang-orang yang merugi. (QS Al-A’raf [7]: 22