PESAN SUNANG BONANG : KEMBALI DALAM KEKOSONGAN

PESAN SUNANG BONANG : KEMBALI DALAM KEKOSONGAN

Manusia yg hakiki, berwujud hak yg memiliki kekuasaan ada dengan sendirinya, Suksma masuk ke dalam hamba, hamba masuk ke dalam Suksma, napas hilang masuk ke dalam kekosongan, badan hancur bercampur tanah.

Sunan Bonang

Inilah intisari dari Suluk Walisanga yg disampaikan Sunan Bonang. Atau yg merupakan penerjemahan berikut: Ya janma kang hakiki, wujud kak kiyanmil kodrat, jumeneng anane dhewe, Suksma manuks-meng kawula, kawula nuks-meng Suksma, napas sirna marang suwung, badan lebur wor bantala.

Baca juga:  Sunan Kalijaga, Dzikir

Sesungguhnya semua itu adalah milik-Nya dan semua akan kembali pada-Nya. Ada yg ikhlas mengembalikan apa yg memang milik-Nya, namun ada pula yg tidak ikhlas mengembalikan milk-Nya hingga bersekutu dengan Jin & Syaitan untuk hidup kekal di dunia.

Berbuat baiklah kepada siapapun. Termasuk kepada yg membenci-mu, memfitnah-mu bahkan menghardik-mu. Do’akan mereka kembali ke jalan-Nya, agar senantiasa berkata, berbuat baik dan mampu menjaga sifat mahmudah itu. Ajak mereka taubat agar tak lagi dengki, hasud, mengumpat dan julid. Karena tak ada yang abadi.

Baca juga:  Memaknai Tembang Ilir-ilir secara Tasawuf

Wallahu ta’ala a’lam bi shawab.

Orang diantara kalian yg paling aku (Rasulullah SAW) benci dan mendapat tempat yg jauh dariku adalah kamu yg paling banyak bicara tapi tak bermanfaat, yg sering merendahkan orang lain, dan yg tidak mau kalah saat berbicara.

(HR. Tirmidzi)

@erfancorner

Tags: #Sunan Bonang #walisongo

Leave a reply "PESAN SUNANG BONANG : KEMBALI DALAM KEKOSONGAN"