MENCEGAH KEBUTAAN KOLBU

“JANGAN SAMPAI KALBUMU BUTA”

Syaikh Abdul Qadir Al-Jilani qs. mengatakan:
“Penyebab kebutaan kalbu adalah karena adanya tabir gelap (al-hujub azh-zhulmani), lalai dan lupa karena jauhnya diri dari menepati janji pada Allah saat di Alam Arwah.

Sebab kelalaiannya adalah karena kebodohan seseorang terhadap masalah hakekat Ilahiyah. Kebodohan ini timbul karena kalbu dikuasai oleh sifat² tercela, seperti sombong, dendam, dengki, kikir, ghibah, namimah, bohong, dan sifat² tercela lainnya.

Sifat² inilah yg mengakibatkan manusia jatuh ke derajat yg paling rendah. Cara menghilangkan sifat² yg tercela ini adalah dgn membersihkan cermin kalbu melalui alat pembersih tauhid, ilmu, dan amal, serta berjuang dgn sekuat tenaga, baik lahir maupun batin.

Syeh Abdul Qadir Jailani Mengais Sisa-sisa Makanan Karena Lapar

“Syaikh Abdul Qadir Jailani Mengais Sisa-sisa Makanan Karena Lapar”

Semua itu akan menghasilkan hidupnya kalbu dgn cahaya tauhid dan sifat²nya. Bila seorang manusia telah berhasil menghidupkan hatinya, maka ia akan ingat pada Negeri Asalnya. Lalu, setelah ingat, dia akan rindu utk pulang dan ingin sampai ke negerinya yg hakiki. Dan, dia pun akan sampai pada pertolongan Allah Ta’ala.”

Baca juga:  Dialog Syeh Abdul Qodir Jailani Dengan Allah swt

❤ Syaikh Abdul Qadir Al-Jilani qs., kitab Sirrul Asrar wa mazharul-Anwar.

ﺍﻟﻠَّﻬُﻢَّ ﺻَﻞِّ ﻋَﻠﻰَ ﺳَﻴِّﺪِﻧَﺎ ﻣُﺤَﻤَّﺪِ، ﺍﻟْﻔَﺎﺗِﺢِ ﻟِﻤَﺎ ﺃُﻏْﻠِﻖَ ﻭَﺍﻟْﺨَﺎﺗِﻢِ ﻟِﻤَﺎ ﺳَﺒَﻖَ، ﻧَﺎﺻِﺮِ ﺍﻟْﺤَﻖِّ ﺑِﺎﻟْﺤَﻖِّ، ﻭَﺍﻟْﻬَﺎﺩِﻱ ﺇِﻟَﻰ ﺻِﺮَﺍﻃِﻚَ ﺍﻟْﻤُﺴْﺘَﻘِﻴْﻢِ ﻭَﻋَﻠﻰَ ﺁﻟِﻪِ ﺣَﻖَّ ﻗَﺪْﺭِﻩِ ﻭَﻣِﻘْﺪَﺍﺭِﻩِ ﺍﻟﻌَﻈِﻴْﻢ

Tags: #Karomah Syaikh Abdul Qodir Jailani #Syekh Abdul Qodir Jailani

Leave a reply "MENCEGAH KEBUTAAN KOLBU"