Wali mastur

MAQOM WALI MAZDUB

Diposting pada

Daftar Isi

Para ahli Thoreqoh, sangat menghormati orang yang sedang mengalami mazdub (hanya cinta kepada Allah) walau secara fisik terlihat seperti orang gila.

Sebab maqom Mazdub, sudah melampui tatanan iman yang terjaga puluhan tahun lamanya dan beliau sudah menempati maqom tertinggi dihadapan Allah, sebagai ahli fana’ (tidak membutuhkan kehidupan lain kecuali hanya kepada Allah semata).
Maqom Mazdub, secara ilmu Tauhid, disebut Lamasyhuda Ilalloh (hanya yang dipandangnya adlah Allah semata) dan maqom Mazdub, tidak bisa dijadikan guru atau Mursyid, oleh siapapun juga.

Sebab maqom ini lagi menjalani mahbubul qolbi (hati yang penuh cinta kepada Al Halik) tanpa bisa memikirkan makhluk lainnya, kecuali beliau sudah kembali ke maqom Qudrotiyyah/salik (kembali normal)

Mazdub, terbagi menjadi 2 kategori.

1. Mahbubu illalloh.
2. Mahbubu junudulloh (ahlul gaib)

BACA JUGA:  SIAPAKAH RIJALUL GHAIB?

Kedua maqom ini tidak mempunyai nafsu atau sifat sombong. Semua hidupnya dijalani apa adanya karena Allah. Jadi bila ada seseorang mengaku mazdub dan masih tersimpan sifat takabbur/bangga diri.

Maka orang itu disebut Marodul Qolby (hatinya sakit) atau yang mudah dinamakan kadzib/pembohong.

Ucapan maqom Mazdub, 100% benar adanya. Karena apapun yang keluar dari ucapannya semua minnatun minalloh (terlahir dari Dzat dan bukan dari nafsu) maka kita sebagai maqom awam.

Wajib menghormati orang orang semacam ini yang segala dosa dan salahnya tidak dicatat oleh bangsa langit.