Makam Seorang Wali Yang Mengapung di Laut

mbah Sholeh Darat yang mempunyai ilmu lebih”, ungkapnya kepada NU Online, Jum’at (19/10).

Sedangkan menurut salah satu tokoh desa setempat Anwar Haris, Mah Mudzkir merupakan tokoh pejuang kemerdekaan dan ulama yang sangat disegani masyarakat dan ditakuti Belanda.

“Di saat berjuang, Mbah Mudzakir tidak kenal pamrih dan lelah, dan kesaktiannya yang ditakuti Belanda karena ketika akan ditangkap mbah Mudzakir selalu lolos dan menimbulkan korban dari pihak Belanda” kata Haris.

Na’im Anwar yang juga panitia menambahkan, untuk mengenang perjuangan Syech Mudzakir disetiap akhir bulan Dzul Qo’dah warga sekitar selalu mengadakan haul yang ditempatkan disekitar makam yakni di tengah laut, dengan begitu jamaah yang hadir berdo’a dan berdzikir diatas perahu karena makamnya tidak muat oleh pengunjung.

Baca juga:  SAYYID HAMZAH SYATHO MENDIRIKAN 61 MASJID

“Mereka yang datangnya telat ndak kebagian tempat, ya berdo’a ditengah laut sekitar makam” tambah na’im

Yang menjadi keajaiban dari makam wali tersebut adalah tidak pernah tenggelam walau air laut pasang atau naik, gelombang tinggi maupun banjir besar, seperti yang dituturkan K Muhadi kepada NU Online.

“Makam niku nggih semonten terus, kados kados nak toyone ageng makam saged minggah (permukaan makam segitu terus, kalau air pasang seakan akan makam syech Mudzakir ikut naik,red)” tutur K.Muhadi

Dari situlah sampai saat ini makam Syech Mudzakir terus dipadati peziarah baik siang maupun malam, dari warga sekitar maupun warga luar kota Demak, dari rakyat biasa, pejabat maupun santri untuk ngalap berkah kepada Allah dengan berwasilah atau lantaran Syech Mudzakir.

Baca juga:  Karomah Gus Dur: Wali Ini Kabur Saat Ditemui Gus Dur

Semoga kita dapat mengambil hikmah dari Makam Seorang Wali Yang Dikelilingi Air Laut, dan bermanfaat

Sumber: nu.or.id

Tags: #Karomah