Kisah Zahid, Pemuda Buruk Rupa yang Jenazahnya Diperebutkan Bidadari-Bidadari Surga

Diposting pada

Daftar Isi

NILAH kisah sahabat Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassallam yang bernama Zahid Radhiyallahu anhu yang jenazahnya diperebutkan bidadari-bidadari surga. Dalam versi lain, ia disebut bernama Julaibib. Sosoknya dikisahkan sebagai pemuda buruk rupa yang juga tidak jelas asal-usul keluarganya.

Di Arab Saudi, suku adalah sesuatu yang sangat dipandang dalam pernikahan. Tidak heran, Zahid sepanjang hidupnya terus menjomblo karena tak ada satu pun orangtua yang mau menikahkan putrinya dengan sosoknya yang juga tak tampan itu.

Namun ketakwaan Zahid di sisi Allah Subhanahu wa ta’ala dan Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam tidak perlu ditanyakan lagi. Ia selalu berada di barusan terdelan saat sholat dan ketika jihad yakni berperang melawan orang-orang kafir.

Alkisah, Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam menyapa salah seorang sahabatnya itu. Beliau kemudian menanyakan kepadanya apakah ada keinginan untuk menikah.

“Tidakkah engkau menikah?” tanya Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam.

“Siapakah orangnya yang mau menikahkan putrinya dengan diriku ini Ya Rasulullah?” jawab Zahid tersenyum dan dengan rendah hati.

BACA JUGA:  Karomah Karomah Makruf al-Karkhi

Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam kemudian meminta Zahid mengirim surat lamaran kepada sosok Said, salah seorang bangsawan Madinah yang dikenal sangat kaya raya dan memiliki putri cantik.

Ketika Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassallam mengutarakan niatnya yakni ingin menikahkan putri Said dengan Zahid, betapa terkejutnya mereka. “Perseteruan” pun tidak dapat terelakkan.

Said dan istrinya berdebat, bagaimana mungkin menikahkan putrinya Zulfah dengan seorang pria buruk rupa dan tidak bersuku.

“Bagaimana bisa? Julaibib berwajah lusuh, tidak bernasab, tidak berkabilah, tidak berpangkat, dan tidak berharta. Demi Allah, tidak. Tidak akan pernah putri kita menikah dengan Julaibib,” demikian ucap istri Said.