KISAH ULAMA YANG MEMILIKI 60.000 MURID YANG BISA TERBANG

Diposting pada

Daftar Isi

﴾Diceritakan﴿ bahwa Barseso memiliki enam puluh ribu [60.000] murid yang dapat berjalan di udara [bisa terbang] dengan sebab keberkahannya. Lalu ia mati dalam keadaan kafir, kita berlindung kepada Alloh dari hal itu. Pada mulanya Barseso beribadah kepada Alloh Ta’ala, hingga membuat kagum para malaikat terhadap ibadahnya. Lalu Alloh Ta’ala berfirman kepada para malaikat:

“Karena apakah kalian kagum terhadapnya? Sesungguhnya Aku lebih mengetahui terhadap apa yang kalian tidak ketahui di dalam ilmu-Ku, bahwa ia [Barseso] akan kafir dan masuk neraka selama-lamanya.”

Lalu iblis mendengar hal itu dan ia mengetahui bahwa kehancuran Barseso ada di tangannya. Maka datanglah iblis ke tempat peribadatan Barseso dengan menyerupai seorang ahli ibadah yang mengenakan kain mori kasar, lalu iblis memanggil Barseso. Lalu Barseso berkata kepada iblis: “Siapakah Anda, dan apa yang Anda inginkan?”

Lalu iblis berkata: “Aku adalah orang yang ahli ibadah, aku akan menjadi penolong bagi Anda untuk beribadah kepada Alloh Ta’ala.”

Lalu Barseso berkata kepada iblis: “Siapa saja yang hendak beribadah kepada Alloh Ta’ala, maka sesungguhnya Alloh akan mencukupkan teman kepadanya.”

BACA JUGA:  PERCAKAPAN NABI MUHAMMAD DENGAN IBLIS

Lalu iblis, semoga Alloh melaknatnya, berdiri melakukan ibadah kepada Alloh Ta’ala selama tiga hari. Ia tidak tidur, tidak makan dan tidak minum.

Lalu Barseso berkata: “Aku berbuka puasa, dan aku tidur, makan dan minum, sedangkan Anda tidak makan. Dan sesungguhnya aku telah beribadah kepada Alloh Ta’ala selama dua ratus dua puluh [220] tahun, namun aku tidak sanggup untuk meninggalkan makan dan minum, lalu bagaimanakah siasatku agar bisa menjadi seperti Anda?”

Iblis berkata: “Pergilah, lalu bermaksiatlah kepada Alloh Ta’ala, kemudian bertaubatlah, karena sesungguhnya Alloh Maha Penyayang, hingga engkau dapat merasakan manisnya keta’atan.”

Barseso berkata: “Bagaimana aku bermaksiat kepada-Nya setelah aku beribadah kepada-Nya sekian dan sekian tahun [selama 220 tahun]?”

Lalu iblis berkata: “Seorang manusia apabila ia telah berdosa, maka ia membutuhkan kepada pemaafan dan pengampunan.”

Lalu Barseso berkata: “Dosa manakah yang engkau sarankan kepadaku?”

Iblis berkata: “Berz1_n4!”