Sunan kalijaga,suluk linglung

Kisah Sunan Kalijaga Dengan Nyi Roro Kidul, Kisah Asmara dalam Peperangan

Diposting pada

Kisah Sunan Kalijaga Dengan Nyi Roro Kidul, Kisah Asmara dalam Peperangan

( Kisah ini versi Cirebon/Sunda, kisah ini tidak berdasarkan sejarah, tapi berdasar cerita tutur di lingkungan masyarakat, sumber tulisan tercantum dibagian akhir)

Dalam peperangan itu, diutuslah Pangeran Arya Kemuning, Dewi Nyimas Gandasari serta Nyimas Roro Kencono Wungu untuk menaklukkan kesaktian Prabu Siliwangi namun ternyata gagal. Akhirnya Sunan Kalijaga diutus oleh pasukan Cirebon untuk menghadapi sang Prabu Siliwangi. Namun lagi lagi, Cirebon pun kalah. Kisah Sunan Kalijaga dengan Nyi Roro Kidul pun berawal dari sini. Nyi Roro Kidul atau yang punya nama Asli Dewi Nawang Wulan.

Baca juga:  SIFAT & KARAKTERISTIK WALI ALLAH

Pertemuan Kisah Sunan Kalijaga dan Nyi Roro Kidul

Dewi Nawang Wulan merupakan anak dari Prabu Siliwangi sendiri dari istri Keduanya, Ratu Palaga Inggris. Menurut petunjuk dari Allah SWT, Sunan Gunung Jati mendapatkan petunjuk untuk menggunakan Tombak Karera Reksa, sebuah tombak sakti milik Nyi Roro Kidul atau Dewi Nawang Wulan. Diutuslah Rayi Kalijaga untuk menemui Nyi Roro Kidul. Kisah Sunan Kalijaga Dengan Nyi Roro Kidul pun dimulai dari sini.

Ketika datang Sunan Kalijaga, perasaan Nyi Roro Kidul kepada sang Sunan semakin kuat. Memang, sejak lama Nyi Roro Kidul menyimpan rasa pada Sunan Kalijaga sehingga pertemuan ini pun berlanjut. Dengan menolak meminjamkan tongkat Sakti Karera Reksa, justru Nyi Roro Kidul meminta untuk mempertemukan dirinya dengan raja Panatagama atau sebutan Raja Cirebon.

Setibanya Nyi Roro Kidul di kerajaan Cirebon, tersenyumlah Sunan Gunungjati. Nampaknya Sunan Gunung Jati sudah tahu isi perasaan Nyi Roro Kidul, beliau sudah tahu mengenai kisah asmara, Kisah Sunan Kalijaga Dengan Nyi Roro Kidul. Namun Sunan Kalijaga tak pernah mengetahuinya.

Baca juga:  PENAKLUKAN MAJAPAHIT SECARA SPIRITUAL OLEH SUNAN KALIJAGA

Sunan Gunung Jati kemudian membawa Nyi Roro Kidul ke kaputren, kemudian berbincanglah mereka berdua :

Sunan Gunung Jati : “Wahai putri Prabu Siliwangi, cuma dikau yang dapat menaklukkan kesaktian ayahandamu, pinjamkanlah KaliJaga, pusakamu yang bernama, Tombak Karera Reksa”

Nyi Roro Kidul : “Ampun Gusti Susuhunan Panatagama, saya cuma memberi pusaka itu pada suamiku kelak”

Kemudian dengan tertawa kecil, Sunan Gunung Jati, segera berujar pada Kanjeng Sunan Kalijaga: “Wahai Rayi KaliJaga, sebenarnya tidak ada yang lebih mulia terkecuali berdasar pada keagungan Syiar Islam, nikahlah dengannya (Ratu Kidul) atas nama Islam serta bukanlah lantaran nafsu”.

 

Pernikahan Sunan Kalijaga dan Nyi Roro Kidul

Atas perintah sang Guru, sebagai murid yang patuh Sunan Kalijaga pun menerimanya. Kisah Sunan Kalijaga dengan Nyi Roro Kidul pun berlanjut ke jenjang pernikahan.