Kisah Nabi Sulaiman yang Memenjarakan Iblis Kemudian Melepaskannya Kembali, Apa Penyebabnya?

Diposting pada

Daftar Isi

Iblis adalah makhluk yang selalu menjerumuskan manusia ke dalam perbuatan dosa, sehingga menyebabkan seseorang masuk ke dalam neraka.

Sebagai manusia harus mampu menahan godaan Iblis, karena itu merupakan bentuk ujian dari Allah kepada hambanya, agar layak memasuki surganya.

Banyak manusia berfikir mengapa Allah menciptakan Iblis? Padahal Iblis memiliki niat jahat untuk memasukan manusia ke dalam Neraka.

Perlu diketahui bahwa Allah menciptakan makhluk di dunia ini pasti memiliki tujuan, hanya saja kita sebagai manusia belum menyadari hal tersebut.

Bahkan ada kisah Nabi Sulaiman yang memohon kepada Allah, ia ingin menangkap seluruh Iblis di dunia ini.

Agar manusia bisa hidup damai, tanpa melakukan dosa akibat dari perbuatan Iblis.

Namun ketika Iblis menghilang dari dunia, justru Nabi Sulaiman ingin mengembalikan mereka.

Kisahnya berawal dalam suatu riwayat diceritakan tentang Nabi Sulaiman memiliki kekuatan untuk menundukan manusia, jin, dan hewan.

Bahkan setan-setan pada saat itu menjadi bawahannya, mereka membawa pasir dan batu-batuan untuk membangun bangunan megah.

BACA JUGA:  PERCAKAPAN NABI MUHAMMAD DENGAN IBLIS

Oleh sebab itu Nabi Sulaiman memohon kepada Allah ingin memenjarakan Iblis, dengan berkata,”Ya Allah, engkau telah menundukan padaku manusia, jin, binatang buas dan burung-burung dan para malaikat, ya Allah aku ingin menangkap dan memenjarakan iblis, merantai, merantai serta mengikat sehingga manusia tidak berbuat dosa dan maksiat lagi,”

Permintaan tersebut tidak langsung dikabulkan oleh Allah, namun Allah memberi wahyu kepada Nabi Sulaiman bahwa tidak ada baiknya jika Iblis ditangkap.

Nabi Sulaiman tetap memohon kepada Allah, karena keberadaan Iblis tidak memberikan kebaikan di dalamnya.

Lalu Allah berfirman, jika Iblis ditangkap maka banyak pekerjaan manusia yang akan ditinggalkan.