KISAH MBAH SOLEH DARAT DITEMUI IMAM GHOZALI

KISAH MBAH SOLEH DARAT DITEMUI IMAM GHOZALI

Diriwayatkan, saat sedang tekun menulis kitab, suatu malam ada seorang tamu berbusana model Arab. Berjubah dan bersurban. Oleh para santri, tamu itu disalami lantas disuguhi minuman atau wedang. Kemudian diantarkan bertemu Mbah Sholeh Darat di ruang pribadi beliau. Kata perawi cerita ini, saat itu beliau sedang menulis kitab “Munjiyat” Mengutip Dari Kitab Ihya Ulumiddin.
Si santri pun kembali ke ruang depan lalu menghabiskan minuman sang tamu yang masih tersisa. Lalu mereka kembali ke langgar/mushola untuk nderes pengajian pelajarannya.
Mereka mendengar sayup-sayup pembicaraan kiainya dengan sang tamu yang berbincang dalam bahasa Arab. Suara keduanya terdengar, tapi isi pembicaraan kurang jelas karena jarak dan dipisahkan dinding kayu di dalam ruangan.
Saat malam telah larut, sang tamu pamit pulang. Mbah Sholeh Darat mengantarkan tamunya sampai serambi rumahnya. Usai melambaikan tangan di halaman langgar/mushola, si tamu itu melangkah ke arah jalan besar. Lantas menghilang di kegelapan malam.
Para santri yang penasaran lantas bertanya kepada gurunya.
“Itu tadi siapa, kiai? Rasanya belum pernah datang ke sini,” tanya seorang santri senior yang tadi menyuguhi minuman.
“Itu tadi Imam Al-Ghazali. Beliau merestui kitab yang kutulis,” jawab Mbah Sholeh Darat kalem.
“Lhoh. Subhanallah. Masya Allah. Bukankah Imam Al-Ghazali sudah wafat ratusan tahun lalu?” ujar mereka takjub sambil bertanya-tanya.
“Ya itulah karomah beliau. Mari kita berdoa dan tawassul kepada Imam Al-Ghazali agar ilmu kita diberkahi,” pesan Mbah Sholeh Darat seraya menyuruh santrinya kembali ke langgar/mushola.

Baca juga:  RIWAYAT HIDUP SINGKAT DAN KAROMAH AL QUTB AL HABIB HUSEIN BIN ABUBAKAR AL AYDRUS (LUAR BATANG)

Wallahu A’lam

Tags: #al-Ghozali #imam ghazali #Sho

Leave a reply "KISAH MBAH SOLEH DARAT DITEMUI IMAM GHOZALI"