KISAH JIN YANG PERTAMA KALI MENDENGAR AL QUR’AN

Diposting pada

Daftar Isi

Kisah Jin yang pertama kali mendengar Al-Qur’an mengingatkan kita kepada salah satu surat dalam Al-Qur’an. Dalam surat tersebut, Allah menceritakan kisah sekumpulan jin yang mendengarkan bacaan Al-Qur’an.

Kisah ini diabadikan dalam Surat Al-Jin terdiri atas 28 ayat (golongan surat-surat Makkiyyah). Di namai Al-Jin diambil dari perkataan Jin yang terdapat pada ayat pertama surat ini.

قُلۡ اُوۡحِىَ اِلَىَّ اَنَّهُ اسۡتَمَعَ نَفَرٌ مِّنَ الۡجِنِّ فَقَالُوۡۤا اِنَّا سَمِعۡنَا قُرۡاٰنًاعَجَبًا

“Katakanlah (Muhammad), “Telah diwahyukan kepadaku bahwa sekumpulan jin telah mendengarkan (bacaan),” lalu mereka berkata, “Kami telah mendengarkan bacaan yang menakjubkan (Al-Qur’an).” (QS Al-Jin Ayat 1)

Sebelum Rasulullah diutus menjadi Nabi, bangsa jin kerap mencuri kabar dari langit untuk kemudian membohongi manusia lewat perantara lisan para dukun.

Setelah Al-Qur’an diturunkan kepada Baginda Rasulullah, para Jin kemudian mencari tau wahyu yang diturunkan itu. Mereka penasaran ingin mengetahui isi Al-Qur’an tersebut. Mereka pun berpencar ke penjuru bumi untuk mendengar bacaan Al-Qur’an tersebut.

Dikisahkan, ketika Rasulullah melaksanakan sholat subuh bersama para sahabat. Para jin mendengar lantunan itu dan merasa takjub lantaran tidak pernah mendengar untaian kata seindah itu sebelumnya.

“Demi Allah, inilah yang telah menghalangi kita dari mendengar berita-berita langit!” sahut mereka satu sama lain. Mereka pun kembali ke kaumnya.

BACA JUGA:  Kisah Mistis Iin Pita Puspita, Menikah dengan Pria Penghuni Kota Jin Wentira Sulteng

“Kami telah mendengarkan bacaan yang menakjubkan,” ujar jin kepada pemimpinnya. Setelah itu, turunlah wahyu Surat Al-Jin ayat 1 kepada Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wasallam.

Dijelaskan dalam shahih Muslim, ketika Rasulullah berdiri dan membaca Al-Qur’an dan ketika itu Iblis melihat pintu-pintu langit ditutup dan tidak bisa lagi ditembus oleh Iblis dan pasukannya. Saat itu Iblis berkata: “Apa yang telah terjadi di barat dan timur sehingga kita tidak bisa lagi menembus langit?”.

Maka ketika mereka mencari di penjuru barat dan timur, mereka pun menemukan cahaya Rasulullah yang sedang berdoa dan membaca Al-Qur’an. Cahaya itu membuat para Jin berdesakan untuk mendengarkan bacaan itu kemudian mereka beriman.

Dalam tafsir Ibnu Katsir diceritakan bahwa saat itu ada beberapa raja Jin yang diperintahkan Iblis untuk melihat apa yang terjadi. Ketika para jin menjalankan tugasnya, justru mereka menyatakan beriman kepada Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wasallam.