Kisah Imam Hasan Al Basri dan sepasang mata seorang gadis.

Kisah Imam Hasan Al Basri dan sepasang mata seorang gadis.

Salah satu kisah tentang Imam Hasan Al- Basri. Kisah ini bukan hanya menceritakan taubatnya seorang pemuda yang kemudian menjadi wali ALLAH melainkan seorang gadis yang mungkin tidak akan dijumpai lagi pada zaman sekarang ini.

Jawahirul Bukhari menerangkan bahwa Hasan basri sewaktu mudanya adalah seorang yang sangat tampan. Beliau sangat suka memakai pakaian yang bagus-bagus dan suka berjalan disekitar kota Basrah. Pada suatu hari, sedang berjalan-jalan dia melihat seorang wanita berpurdah. Mata wanita itu sangat cantik dan menarik perhatiannya. Lalu dia mengikuti gadis itu dari belakang.

Wanita itu yang baru menyadari diikuti lalu menoleh ke belakang lalu berkata,

“Wahai orang muda, apakah kamu tidak malu?”

“Kepada siapa aku harus malu?” Tanya Hasan Basri kembali.

“Malulah kepada Allah S.w.t Yang Maha Mengetahui mata yang berkhianat dan mengetahui apa sahaja yang ada dalam hati” jawab wanita cantik itu.

Baca juga:  Tiga Ulama Sufi Melamar Rabiah Adawiyah

Hasan Basri semakin tertarik kepada wanita tersebut dan timbullah rasa cinta dalam hatinya serta tidak dapat menahan nafsu. Lalu dia terus sahaja mengikuti wanita tersebut berjalan.

Melihat dia terus diikuti, wanita itu berkata lagi, “Mengapa kamu terus mengikutiku?”

Hasan Basri berkata,”Sebenarnya aku terpesona dengan matamu yang cantik itu.”

Mendengar jawaban itu wanita ini berkata, “Baiklah, karena kamu menyukai mataku ini,tunggu sebentar disini. Aku akan beri apa yang kamu inginkan”. Kemudian dia berlalu pergi.

Hasan Basri sangat gembira dan menunggu-nunggu kedatangan wanita tersebut.

Tidak lama kemudian, datanglah seorang pembantu menghampiri Hasan Basri dan menyerahkan sebuah kotak yang tertutup rapat. Lalu hasan Basri membuka kotak tersebut. Betapa terkejutnya Hasan Basri melihat isi kotak tersebut ternyata sepasang biji mata!

Baca juga:  Syekh Ahmad Rifai Sang Wali Qutub

“Tuan puteriku berkata dia tidak memerlukan mata yang menyebabkan terpesonanya seseorang seperti tuan”, kata pembantu itu.

Gemetarlah seluruh tubuh Hasan basri dan berdiri bulu romanya saat mendengar kata-kata pembantu itu, lalu iapun memegang jantungnya sendiri dan berbisik, “Celaka betul kamu ini, sudah berjanggut tapi tak punya rasa malu!”

Setelah menyadari kesalahannya itu, maka dia pulang ke rumah dan menangis semalaman karena menyesali segala perbuatannya itu. Keesokan hari Hasan Basri pergi ke rumah wanita itu untuk meminta maaf. Tetapi ketika sampai dia mendengar suara wanita-wanita menangis, dan bertanya apa yang terjadi. Dan diberitahu bahwa wanita tersebut meninggal karena mencongkel kedua matanya.

Hasan Basri kembali ke rumah dan menangis selama 3 hari 3 malam dan menyesali segala perbuatan dan kelemahan imannya. Dia bertaubat kepada Allah untuk tidak lagi menjadi lelaki yang tidak sopan.

Baca juga:  KISAH HASAN AL BASHRI, KESABARAN SELAMA 20 TAHUN

Pada malam yang ke-3, Hasan Basri bermimpi bertemu dengan wanita tersebut, dan melihat wanita itu telah berada di syurga. Lalu Hasan Basri berkata,”wahai wanita solehah, maafkan kesalahanku terhadapmu” Wanita itu menjawab,”sebetulnya aku telah memaafkan kamu sejak dulu dan aku telah mendapat kebaikan yang banyak dari Allah S.w.t disebabkan kamu.”

Setelah Hasan Basri mendengar pengakuan dari wanita itu, dia memohon nasihat yang baik.

“Dengarlah nasihatku ini; Apabila kamu sendirian hendaklah kamu berzikir kepada Allah S.w.t setiap pagi dan petang, mohon ampun dan bertaubatlah kepada-Nya.

Akhirnya Hasan Basri melaksanakan segala nasihat wanita itu, sehingga dia masyhur dengan ketaqwaannya dan ketaatannya kepada Allah serta mendapat darjat yang mulia di sisi Allah serta menjadi wali kekasih Allah.

Tags: #Hasan Bashri

Leave a reply "Kisah Imam Hasan Al Basri dan sepasang mata seorang gadis."