Kisah Gus Baha Pertama Kali Lihat Hantu: Dulu Saya Penakut

Diposting pada

Daftar Isi

KH Ahmad Bahauddin Nursalim atau Gus Baha menceritakan jika dirinya dulu orang penakut.

Gus Baha mengaku dirinya takut melihat hantu, jin, atau setan. Namun setelah diberitahu sang ayah, Gus Baha menyebut dirinya kini ilmiah.

Rais Syuriah Pengurus Besar Nahdhatul Ulama (PBNU) itu menceritakan dirinya menjadi pemberani setelah diberitahu sang ayah tentang makhluk selain manusia.

Hal tersebut disampaikan Gus Baha dalam sebuah cuplikan ceramah yang diunggah kanal YouTube Sekolah Akhirat.

“Saya itu agak pemberani, dulu saya juga penakut, saya mulai pemberani setelah diberitahu bapak begini, saya masih ingat kalimatnya bapak,” ujar Gus Baha.

Putra ulama kharismatik Kyai Nursalim Rembang itu menyebut ayahnya malah meminta dirinya untuk bersyukur jika diperlihatkan hantu, jin, atau setan.

“Ha, kamu kalau ditakuti jin ya boleh karena manusia, tapi kamu harus syukur kepada Tuhan kamu diperlihatkan ada makhluk selain kamu, jadi supaya kamu tahu kalau makhluk tidak hanya manusia saja, namun jin juga ada,” lanjutnya.

BACA JUGA:  Gus Baha Bagikan Kisah Imam Syathibi yang Diangkat Jadi Wali Berkat Hal ini

“Semenjak itu saya agak ilmiah, maksudnya kapan-kapan jika kalau melihat jin berarti ada ilmu baru di bumi tidak hanya saya saja, saya masih ingat perkataan bapak. Jadi ilmu itu memang luar biasa,” sambung Gus Baha.

Semenjak itulah lanjut Gus Baha dirinya biasa saja dan menjadi berani jika melihat hantu, jin, atau setan.

“Jadi saya berkali-kali kelihatannya ada jin pintu saya buka, wajahnya gimana mau saya lihat, dulu ya takut beneran, ternyata Mustofa tidak lihat,” kisahnya.

Tak hanya itu, Gus Baha juga mengatakan jika makhluk-makhluk seperti hantu, jin, dan setan itu dapat disikapi dengan baik.