Jalaludin Rumi,Abdul Wahid bin Zaid

Jika Kiamat Datang Hari Jumat, Lantas Bagaimana dengan Negara yang Masih Hari Kamis?

Diposting pada

Daftar Isi

Bukan jagad dunia maya namanya jika tidak membuat heboh, baru-baru ini para netizen dihebohkan dengan sebuah pertanyaan oleh akun sosmed TikTok bernama @colaycoliy.

Dalam sebuah video TikTok tersebut ia mempertanyakan seseuatu yang menurutnya meresahkan, yakni seputar kiamat yang akan terjadi pada hari Jumat.

Melalui penggalan kalimat pada video, ia bertanya kepada para netizen, “Mau nanya bund! Kalau kiamat terjadi di hari Jumat, bagaimana dengan negara yang masih hari Kamis?,”.

Unggahan yang dibuat pria pengguna TikTok itu pun membuat netizen lainnya berpikir hal yang sama. Tak sedikit di antara mereka yang dibuat bingung dengan jawaban dari pertanyaan tentang hari kiamat tersebut.

Mengetahui hal itu menjadi heboh di jagat media sosial, sebuah akun TikTok @Sahabataswaja yang kerap mengunggah video ceramah di akunnya akhirnya angkat bicara.

Akun tersebut akhirnya membagikan jawaban dari pertanyaan yang membingungkan tersebut.

Dalam unggahan itu, seorang ustadz yang tak diketahui namanya membacakan sebuah pertanyaan dari netizen lain yakni @Siyannnnnnn.

Baca juga:  Tanda Tanda Kiamat Yang Sangat Mengerikan

Adapun pertayaan itu berisi, “Asalamualaikum ustadz, mohon maaf saya mau nanya, kalau kiamat terjadi di hari Jumat, bagaimana dengan negara yang masih hari kamis? Tolong ustadz dijawab,”.

Mulanya, ustadz yang mengenakan kacamata tersebut membacakan kembali pertanyaan yang dilontarkan.

“Jika hari kiamat terjadi di hari Jumat, bagaimana belahan negara lain yang bukan hari Jumat?,”

Kemudian ia pun menjelaskan jawaban yang ia ketahui, menurutnya sesuai dengan ajaran Islam yang disabdakan Nabi Muhammad, nantinya akan tiba suatu malam yang panjang bahkan rasanya sama dengan tiga malam.

Di tengah malam yang semakin panjang, pagi hari tidak kunjung datang, lalu hal tersebut membuat manusia semakin panik.

Secara mengejutkan ketika manusia menunggu datangnya matahari, tiba-tiba matahari justru terbit dari arah barat.

Pernyataan tersebut merupakan sebuah hadis yang diriwayatkan Imam Ibnu Murdawaih dan dikutip di kitab tafsir Ibunu katsir tafsir dalam surat Al-An’am, ayat 158.

Baca juga:  Tanda Tanda Kiamat Yang Sangat Mengerikan

“Rasulullah shallallahu alaihi wasallam bersabda, akan datang suatu malam yang panjangnya akan sama dengan tiga malam, maka terbangun orang-orang yang biasanya melakukan ibadah di waktu malam.”

“Namun malam semakin panjang, dan pagi hari tidak datang. Manusia semakin panik, sebab tak mengalami pagi hari. ”

“Ketika manusia atau orang-orang menunggu matahari terbit dari arah timur, akan tetapi matahari terbit dari arah barat. Maka manusia saat itu bertaubat semuanya, namun pintu taubat sudah ditutup,” katanya.

“Ringkasan hadits ini diriwayatkan oleh Imam Ibnu Murdawaih dan dikutip di kitab tafsir Ibunu katsir tafsir surat Al-An’am, ayat: 158,” sambungnya.

“Jadi intinya, kalau hari Jumat kiamat, maka Sabtu tak kunjung datang. Maka artinya semua di dunia akan tetap berada di hari yang sama. Wallahu a’lam