iblis

IBLIS MENYAMAR MENJADI MURID WALIYULLAH

Diposting pada

#QUTUB AR RABBANY WAL ARIFIN AL SHAMADANI
SAIDI SYAIKH JUNAID AL BAGHDADI QS

IBLIS MENYAMAR MENJADI MURID WALIYULLAH

Bukan hanya orang awam saja yang dijadikan sasaran oleh iblis dan sekutunya. Para waliyullah dan ulama pun bisa jadi target hasutan mereka. Salah satunya adalah Imam Juneid, yang merupakan seorang hamba Allah SWT yang terkenal dengan pemahaman ilmu Fiqihnya.


Imam Juneid ini memiliki kebiasaan beribadah di atas rata-rata umat islam lainnya. Bayangkan saja, dalam sehari Beliau melakukan shalat sunnah sebanyak 400 raka’at. Selain itu juga istiqamah berpuasa dan berzikir di malam harinya.

Iblis Menyamar.

Pada suatu hari, iblis masuk ke rumah Imam Juneid dengan menyamar sebagai salah satu muridnya dan berkata,
“Wahai Waliyullah, aku ingin mengabdi kepadamu tanpa upah, bolehkah?”
(Sebenarnya Imam Juneid sudah tahu bahwa itu adalah iblis).
“”Silahkan lakukan,” jawab Imam Juneid singkat.

Iblis pun akhirnya mengabdi kepada Imam Juneid seperti para murid lainnya. Ia berusaha melakukan apa saja yang diperintahkan oleh Imam Juneid, namun di balik ketaatannya itu, iblis memiliki niat yg jahat, ada udang dibalik batu.

BACA JUGA:  KISAH SYEH ABDUL QADIR BERTARUNG MELAWAN SETAN DAN IBLIS

Ia berharap dapat memasuki hati dari Imam Juneid.
Tanpa penat lelah, Iblis ini mengabdikan diri kepada Imam Juneid sepuluh tahun lamanya.
Selama sepuluh tahun lamanya iblis menyamar, Makar dan tipu dayanya masih belum membuahkan hasil. Iblis merasa telah gagal menembusi hati Imam Juneid yang tak pernah lupa sedikit pun untuk berzikir kepada Allah SWT.

Bukankah iblis tak kuasa menggoda anak Adam yang selalu ingat dan berzikir kepada Allah SWT. Itulah janji Allah SWT tatkala iblis akan dikeluarkan dari Surga dan dilaknat oleh Yang Maha Perkasa. (ingat Kisah Nabi Adam as).
Iblis Mengaku kalah.
Bukan main ketaatan Imam Juneid kepada Allah SWT. Akhirnya iblispun menyerah kalah dan memutuskan untuk meninggalkan Imam Juneid.