Doa dan Amalan untuk Haji dan Umroh Tiap Tahun

Diposting pada

Haji dan Umroh  merupakan sebuah impian bagi kebanyakan orang. Akan tetapi tidak semua orang mempunyai kesempatan untuk umrah di usia muda. Saat ini kita hanya bahas tentang umrah di usia muda. Karena untuk Beribadah haji di usia muda hampir tidak mungkin. Daftar tunggu ibadah haji saat ini yang lama sekali, sekitar 15 tahun bahkan di beberapa kota adang yang sampai 20 tahun.kakbah, umroh

Akan tetapi, kita bisa saja Pergi Umrah dengan cara berusaha sekuat tenaga dan bersungguh-sungguh dalam mewujudkannya.
Berikut ini 10 hal yang bisa dilakukan agar bisa umrah selagi muda.

Niat Yang Kuat Untuk Umrah Di Usia Muda

Semakin awal kita mempunyai niat untuk berangkat umrah, maka semakin cepat juga tabungan terkumpul. Umpamanya pada saat kita berumur 20 tahun kita sudah berniat menabung untuk melaksanakan umrah. bisa saja, di umur 30 tahun kita berhasil melaksanakan umrah.

Konsisten Menabung dengan jumlah Yang Tetap

Sebulan sekali atau dua bulan sekali kita harus menabung dengan tujuan untuk melaksanakan ibadah umrah. Kita usahakan agar jumlah uang yang kita tabung bisa tetap, agar kita bisa memperhitungkan tahun berapa kita bisa melaksanakan ibadah umrah.

Manfaatkan Fasilitas Pinjaman dari Bank Syariah

Kita bisa datang ke bank syariah dan memanfaatkan layanan yang dikenal dengan “pembiayaan umrah”, dikhususkan untuk jamaah yang berniat melaksanakan umrah lebih cepat, kita bisa mencicil selama sebelum berangkat sampai setelah kita pulang umrah.

Selain itu kita juga bisa mengkombinasikan uang tabungan dan uang pinjaman dari bank, sehingga pinjaman yang kita ambil tidak terlalu besar sehingga jumlah cicilannya bisa menjadi lebih murah.

Tabungan dengan Investasi

Biaya perjalanan umrah biasanya meningkat tiap tahunnya. Untuk mengakalinya, kita dapat menabung dengan investasi seperti emas atau pasar saham halal. Saham halal adalah saham yang diperjual belikan pada perusahaan yang usahanya jelas dan halal.

Baca juga:  Bapak Ini Naik Haji Karena Drone

Berangkat Umrah Pada Waktu Low Season

Seperti juga biaya liburan, biaya umrah di waktu peak season, pada saat Ramadhan juga biasanya meningkat karena banyaknya jamaah yang mengantri untuk umrah. Kita bisa pilih waktu yang kosong untuk pergi umrah agar kita mendapatkan harga murah.

Hindarilah Berangkat Umrah Bareng Artis.

Salah 1 hal yang menjadikan biaya umrah mahal adalah program pergi umrah bareng artis atau dai kondang. Tidak hanya mahal, pergi umrah bareng artis juga dapat membuat kita tidak fokus dalam beribadah karena malah sibuk berfoto selfi dengan artis tersebut. Apalagi, seringkali artis yang dibawa tersebut tak memperdulikan jamaah yang ingin berfoto bersamanya, hingga jamaah kadang harus usaha dengan keras supaya bisa foto bersama sang artis.

Pilih Fasilitas Umrah yang Biasa Saja

Biaya umrah juga akan tergantung pada fasilitas yang disediakan pihak agen travel umrah. Kita pilih umrah dengan fasilitas yang reguler saja, yang penting tujuan kita untuk beribadah tercapai dan kita bisa memfokuskan diri untuk beribadah, dari pada mencari kenyamanan di penginapan maupun di perjalanan.

Umroh Backpacker

Untuk kita yang suka tantangan, kita bisa bergabung dengan komunitas umroh “backpacker” yang bisa pergi umrah dengan biaya sangat miring. Atau, kita juga bisa pergi umrah sendiri tanpa ikut biro umrah. Cara Umrah backpacker: buat Visa Bisnis dengan mengisi aplikasi online. Kadangkala kita juga harus mencari penjamin atau pengundang dari saudi. Lalu, kita cari tiket pesawat terbang ke Jeddah atau Riyadh, dan kita gunakan kendaraan umum untuk pergi ke Mekkah atau Madinah. Biaya naik bis umum biasanya berkisar antara 35 – 80 riyadh. Untuk menginap, kita bisa singgah di Masjidil Haram atau Nabawi. Biaya Makan sekitar 15- 35 riyal sekali makan porsi besar, sedangkan minumnya gratis karena disediakan di masjid

Amalan yang harus anda lakukan adalah :

Sholat hajat dua rokaat salam. (Dua kali).

Untuk  sholat yang pertama :

  1. Niat sholat hajat.

. Setelah baca surat al-Fatihah dilanjutkan membaca:

Baca juga:  DOA JAWA YANG RINGKAS REJEKI BERANGKAT HAJI

لَاإِلَهَ إِلاَّ أَنْتَ سُبْحَانَكَ إِنِّى كُنْتُ مِنَ الظّالِمِيْنَ

 ‘Laa ilaha illa anta subhanaka inni kuntu minad dholimin’ 100 x

  1. Dilanjutkan seperti sholat pada umumnya hingga sujud.
  2. Rokaat kedua setelah membaca surat al-Fatihah membaca :

رَبِّ إِنِّيْ مَسَّنِيَ الضُّرُّ وَ أَنْتَ أَرْحَمُ الرَّاحِمِيْنَ

‘Robbi inni massaniad dhurru wa anta arkhamur rakhimin’ 100x

  1. Dilanjutkan hingga sujud terakhir, ditambah doa dalam sujud ( mohon dimudahkan dan disegerakan pergi umroh dan haji) .

 

Doa Agar Bisa Umroh Setiap Tahun

Sholat kedua sebagai berikut :

  1. Niat sholat hajat
  1. Setelah membaca al-Fatehah dilanjutkan dengan membaca :

حَسْبِيَ الله وَ نِعْمَ الْوَكِيْل نِعْمَ الْمَوْلَى وَ نِعْمَ النَّصِيْرُ

‘Hasbiyallah wani’mal wakiil ni’mal maula wani’man nashiir ( 100 x)

  1. Dilanjutkan hingga sujud seperti sholat pada umumnya.
  1. Rokaat kedua setelah membaca al-Fatihah dilanjutkan  dengan membaca:

رَبِّ إِنِّي مَغْلُوْبٌ فَانْتَصِرْ

Robbi inni maglubun fantashir ( 100 x.)

  1. Dilanjutkan hingga sujud. Ketika sujud terakhir disertai baca doa (mohon dimudahkan dan disegerakan berangkat umroh).

Setelah sholat hajat selesai dilanjutkan dg membaca doa doa diatas masing2 sebanyak 100 x.

Diakhiri dengan membaca doa/ sholawat haji sbb :

Sholawat Agar Cepat Naik Haji

اَللَّهُمَّ صَلّىِ عَلَى سَيِّدِ نَامُحَمَّدٍ صَلاَةً تُبَلِغُنَا بِهَا حَجَّ بَيْتِكَ الْحَرَامِ وَزِيَارَةَ قَبْرِنَبِيِّكَ مُحَمَّدٍ صَلَّى الله عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فِىْ لُطْفٍ وَيُسْرٍ وَمَعُوْنَةٍ وَعَافِيَةِ الْاَجْسَامِ وَتَرْزُقْنَابِهَا بُلُوْغَ الْمَرَامِ وَحُسْنَ الْخِتَا مِ عَدَدَ خَلْقِكَ وَرِضَاءَ نَفْسِكَ وَ مِدَادَ كَلِمَاتِكَ يَاأَرْحَمَ الرَّحِمِيْنَ

“Allohumma sholli ala sayyidina muhammadin sholatan tuballighuna biha hajja baitikal harom waziarota qobro nabiyyika Muhammad, fi lutfin wa yusrin wa ma unatin wa afiyatil ajsam, watarzuqna biha bulughol marom wahusnal khitam adada kholqika waridhoa nafsika wamidada kalimatik, ya arhamarrohimin “

Dibaca 100 x

Demikian, selamat melaksanakan ikhtiar percepatan umroh melalui sholat hajat diatas. Semoga doa dan keinginan  kita diijabah oleh Allah SWT. Amin…

Semoga bermanfaat dan kita bisa secepatnya untuk berangkat Umrah atau beribadah haji