Gunung Semeru Meletus, Ini 5 Mitos Gunung Semeru yang Melingkupinya

Diposting pada

Daftar Isi

Setiap gunung punya cerita, termasuk mitos yang melingkupinya termasuk juga Gunung Semeru di Jawa Timur yang mengalami erupsi Sabtu 4 Desember 2021 sore ini.

Gunung setinggi 3.676 mdpl yang berada di Kabupaten Lumajang dan Kabupaten Malang Jawa Timur, jadi buruan para pendaki dan wisatawan.

Keindahan Gunung Semeru ini dan sekitarnya bahkan menjadi latar berbagai karya fotografi, video hingga novel.

Apalagi di sekitar Gunung Semeru terdapat sejumlah ranu atau danau yakni Ranu Kumbolo, Ranu Pane dan Ranu Regulo dengan berbagai mitos dan ceritanya.

Namun, di balik hal itu, terdapat misteri yang masih dipercaya oleh orang-orang sekitar Gunung Semeru.

Dikutip Kabar Lumajang dari berita berjudul 5 Mitos Gunung Semeru, Salah Satunya Gunung Semeru adalah Pakunya Pulau Jawa, inilah sejumlah mitos yang melingkupi Semeru.

1. Kisah mengenai Mbah Dipo

Mbah Dipo merupakan kuncen atau juru kunci di Gunung Semeru. Namun, ia telah meninggal dunia pada tahun 2005.

BACA JUGA:  MAKAM GANTUNG PEMILIK AJI PANCASONA

Mbah Dipo dipercaya bisa menangkap pesan dari mereka yang tak terlihat di Gunung Semeru. Ada sebuah cerita yang mengisahkan kalau Semeru meletus, maka pergilah ke arah sungai, jangan ke arah Gunung Sawur.

2. Tanjakan Cinta

Ada mitos yang beredar, jika datang ke tanjakan yang tak terlalu terjal ini tanpa istirahat dan menoleh ke belakang, maka kisah percintaan yang diinginkan akan terkabul. Maka dari itu, tanjakan ini lebih dikenal dengan sebutan tanjakan cinta.