DZIKIR YANG SERING DIBACA GUS BAHA’

Diposting pada

Daftar Isi

Dzikir yang sering dibaca Gus Baha’ ketika selesai mengaji.

Juwairiyah Ummul Mukminin r.a., istri Rasulullah, menceritakan bacaan zikir yang diperoleh dari suaminya. Hari itu, bersamaan waktu shalat Shubuh, Rasulullah berangkat pagi-pagi sekali dari rumah Juwairiyah. Sementara itu, Juwairiyah berada di tempat shalatnya, di rumah.

Ketika waktu dhuha tiba, Rasulullah pulang ke rumah. Rasulullah mendapati Juwairiyah masih tetap duduk di tempat shalatnya. “Engkau masih di sini sejak aku tinggalkan tadi?” tanya Rasulullah. “Iya,” jawab Juwairiyah. Rasulullah saw. kemudian bersabda, “Aku beri tahu kepadamu empat bacaan untuk dibaca tiga kali. Jika ditimbang (pahalanya), sama dengan (pahala) bacaanmu sejak dini hari tadi.

سُبْحَانَ اللَّهِ وَبِحَمْدِهِ عَدَدَ خَلْقِهِ وَرِضَا نَفْسِهِ وَزِنَةَ عَرْشِهِ وَمِدَادَ كَلِمَاتِهِ

Subhanallahi wa bi hamdihi, ‘adada khalqihi, wa ridha nafsihi, wa zinata arsyihi, wa midada kalimatihi (Mahasuci Allah dan segala puji bagi Allah; sesuai dengan jumlah makhluk-Nya, dengan keridhaan diri-Nya, seberat Arasy milik-Nya, dan sebanyak firman-firman-Nya).”
Dalam riwayat lain disebutkan bacaan itu sebagaimana berikut.

BACA JUGA:  Gus Baha: Seorang Wali di Zaman Nabi Musa yang Bikin Allah SWT Tertawa 3 Kali Setiap Hari

سُبْحَانَ اللَّهِ عَدَدَ خَلْقِهِ سُبْحَانَ اللَّهِ رِضَا نَفْسِهِ سُبْحَانَ اللَّهِ زِنَةَ عَرْشِهِ سُبْحَانَ اللَّهِ مِدَادَ كَلِمَاتِهِ

Subhanallahi ‘adada khalqihi, Subhanallahi ridha nafsihi, Subhanallahi zinata arsyihi, Subhanallahi midada kalimatihi (Mahasuci Allah dengan jumlah makhluk-Nya; Mahasuci Allah dengan kerindhaan diri-Nya; Mahasuci Allah dengan berat Arasy milik-Nya; Mahasuci Allah dengan segala firman-Nya).