DOA SEBELUM DAN SESUDAH MINUM AIR ZAM ZAM

DOA SEBELUM DAN SESUDAH MINUM AIR ZAM ZAM

Air zam zam adalah air yg diperoleh dari sumur zam zam, sebuah sumur yg terletak di sebelah tenggara Masjidil Harom. Dalam kepercayaan umat Islam, air ini dianggap suci dan dapa memberikan banyak manfaat, bahkan ada yg percaya bahwa air ini bisa menyembuhkan beragam penyakit.

 

Oleh karena itu, ketika ada orang yg melakukan ibadah haji, umroh, atau sekedar berziarah ke makam Rasululloh, mereka biasanya akan membawa air zam zam ini untuk oleh2 keluarganya di rumah. Mengingat pada sejarah pertama kali kemunculannya yg erat kaitannya dgn sejarah Islam, maka banyak ulama yg menganjurkan ketika minum air zam zam, mereka yg meminumnya untuk melafalkan doa khusus agar air yg diminum bisa membawakan manfaat lebih, terutama bagi yg sakit supaya air tersebut bisa menjadi obat dari penyakit yang dideritanya.

Ada suatu riwayat yg menyebutkan bahwa pada masa silam, air zam zam atas izin Alloh pernah digunakan untuk mencuci hati Nabi Muhammad dari segala kekotoran dan penyakit hati. Oleh karena itu, banyak umat muslim yg menginginkan karomah tersebut sehingga meminum air zam zam untuk membersihkan segala keburukan yang ada di dirinya, baik itu penyakit raga, maupun penyakit jiwa.

Nabi Muhammad SAW sendiri dalam sebuah hadist pernah menyebutkan bahwa air Zam zam itu tergantung tujuan orang yg meminumnya. Hadist inilah yg menjadi dasar bahwa air zam zam dapat dipercaya memberikan manfaat dan keutamaan, terutama bagi kesehatan sebagai obat segala penyakit.

Begitu pula diriwayatkan dari Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bahwa khasiat air zam-zam iti tergantung pada maksud orang yg meminumnya. Dari sini para ulama menarik kesimpulan bahwa doa yg dibaca setelah meminum air zam-zam adalah doa yg mustajab.

Baca juga:  Asmaul Husna 21-40

Diriwayatkan oleh Ahmad, Al Hakim dan Ad Daruquthniy dari Ibnu ‘Abbas, juga diriwayatkan oleh Ahmad dari Jabir, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

ماء زمزم لما شرب له

“Air zam-zam tergantung orang yg meminumnya.”

Telah diriwayatkan oleh Ibnul Jauzi dalam kitabnya Al Adzkiya‘ bahwa Sufyan bin ‘Uyainah ditanya tentang hadits di atas, lalu beliau menilai bahwa hadits tersebut shahih.

Berdasarkan hadis tersebut, Imam Nawawi di dalam kitab Al- Adzkar mengatakan bahwa ulama pun mengamalkan hadis itu, mereka minum air zamzam dgn niat sesuai apa yg diminta, dan mereka pun mendapatkan khasiat sesuai dgn hajatnya (atas izin Allah).

Oleh karena itu, ulama pun mengatakan bahwa disunahkan orang yang minum air zamzam itu untuk agar (minta) diampuni (dosa-dosanya), disembuhkan penyakitnya dan keinginan-keinginan lainnya.

Imam Muslim meriwayatkan dalam kitab shahihnya no 2473, bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam berkata tentang air zam-zam ini.
إِنَّهَا مُبَارَكَةٌ، إِنَّهَا طَعَامُ طُعْمٍ

“Sesungguhnya air zam-zam itu berbarakah, dan sebaik-baik makanan”

Doa sebelum minum

Adapun untuk memperoleh segala manfaat dari meminum air zam zam, para ulama terdahulu menganjurkan supaya setiap orang yg hendak meminum air ini membaca sebuah doa. doa minum air zam zam dapat diamalkan seperti terdapat dalam Hadist Riwayat Al-Hakim, namun ini bukan perkataan Nabi, hanyalah doa yg dipraktekkan oleh Ibnu Abbas. Ia berdoa saat minum air zam-zam,

Baca juga:  Seorang Penghuni Surga

اللهم إني أسألك علماً نافعاً، ورزقاً واسعاً، وشفاءً من كل داء

“Allahumma innii as aluka ‘ilman naafi’an, wa rizqon waasi’an, wasyifaa an min kulli daa in.

Artinya : Ya Allah aku memohon pada-Mu, ilmu yg bermanfaat, rizqi yg luas, dan kesembuhan dari segala penyakit.

Tentang doa ini, juga diriwayatkan oleh Imam Abdurrazaq Ash-Shan’ani dalam kitab beliau “Mushannaf” hadits no 9112 dan juga Imam Ad-Daruquthni dalam kitab “Sunan” dgn no 2738.

Atau doa yang ini

اَللّٰهُمَّ إِنِّيْ أْسْأَلُكَ عِلْمً نَافِعًا وَرِزْقًا وَاسِعًا وَشِفَآءً مِنْ كُلِّ دَآءٍ وَسَقَمٍ بِرَحْمَتِكَ يَآ أَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ.

Allahumma innii as aluka ‘ilman naafi’an wa rizqan waasi’an wasyifaa an min kulli daa in wasaqamin birahmatika yaa arhamarraahimiin.

Ya Allah, aku mohon kepadaMu ilmu pengetahuan yg bermanfaat, rizki yg luas dan sembuh dari segala sakit dan penyakit pikun dgn rahmatMu ya Allah yg Maha Pengasih lagi Maha Penyayang.

Atau dgn mengucapkan doa sebagai berikut:

اَللَّهُمَّ إِنَّهُ بَلَغَنِيْ أَنَّ رَسُوْلَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ: ” مَاءُ زَمْزَمَ لمِاَ شُرِبَ لَهُ” اَللَّهُمَّ وَإِنِّيْ أَشْرَبُهُ لِتَغْفِرَ لِيْ وَلِتَفْعَلَ بِيْ كَذَا وَكَذَا ، فَاغْفِرْ لِيْ أَوِ افْعَلْ .

Allahumma innahu balaghani anna Rasulallah shallaallahu alaihi wasallama qala mau zamzama lima syuriba lahu Allahumma wa inni asyrabuhu litaghfira li wa li taf’ala bi kadza wa kadza, faghfir li awif’al.

“Wahai Allah, sungguh telah sampai kepadaku bahwa Rasulullah saw. telah bersabda, “Air zamzam sesuai tujuan orang yg meminumnya. Wahai Allah dan sungguh aku akan meminumnya, (saya mohon) agar Engkau mengampuni (dosa2 saya) dan (saya mohon) agar Engkau mengabulkan (hajat saya) yg ini dan itu (sambil menyebutkan hajat), maka ampunilah saya atau kabulkanlah (hajat saya).”

Baca juga:  Inilah Rahasia al Quran, 10 Surah Menghindarkan dari 10 Kesulitan Besar

Sunnah ketika minum

Namun, selain itu, ada beberapa sunnah yg sebaiknya juga Anda lakukan, di antaranya:

1. Ketika hendak minum menghadaplah ke arah kiblat.
2. Membaca bismilah sebelum meminum air zam zam
3. kemudian dilanjut dgn doa minum air zam zam di atas.
4. Minumlah air zam zam dgn niat tulus ikhlas karena Alloh.5. Usahakan untuk tidak minum hingga habis dalam sekali teguk. Minumlah sebanyak 3 kali diselingi dgn bernafas di antara minum. Setiap kali mengambil nafas, tengoklah ke arah kiblat.
6. Minum air zam zam hingga kenyang bila jumlahnya banyak.

Doa sesudah minum

Sesudah minum, bacalah hamdalah sebagai wujud syukur atas kenikmatan air zam zam yg diberikan Alloh Ta’ala. Doa

Setelah Minum Air Zam Zam Setelah selesai minum air zam-zam dan membaca hamdalah, jika Anda memiliki tujuan agar disembuhkan dari penyakit, maka bacalah doa berikut agar air zam zam yg Anda minum bisa menjadi obat dari sakit yg Anda derita.

“Allohumma innii asyrobuhu mustasyfiyan bihi fasyfinii”.

Artinya : Ya Alloh, sesungguhnya aku minum air zam-zam ini dgn harapan agar diberi kesembuhan, maka berilah kesembuhan kepadaku.

Demikianlah pemaparan yg dapat kami sampaikan tentang doa minum air zam zam dan artinya, serta sunnah2 yg sebaiknya diamalkan ketika hendak minum air zam zam. Semoga Alloh mengabulkan doa kita dan memasukan kita ke dalam golongan orang yg beruntung. Aamiin.

http://doaniatsholat.blogspot.com
Dan lainnya

Tags: #Air Zam Zam #Haji

Leave a reply "DOA SEBELUM DAN SESUDAH MINUM AIR ZAM ZAM"