Doa Ketika Turun Hujan Lebat, Gerimis, dan Petir, Amalkan untuk Mohon Perlindungan

Diposting pada

Daftar Isi

Belakangan sebagian wilayah di Indonesia terus diguyur hujan. Tak jarang jika intensitas air yang turun cukup lebat menyebabkan banjir hingga longsor.

Namun terlepas dari musibah yang bisa terjadi kapan saja, sejatinya hujan diturunkan Allah sebagai salah satu rezeki untuk seluruh makhluk hidup di muka bumi, sebagaimana firman-Nya yang tertuang dalam QS. Fusshilat ayat 39.

“Sebagian dari tanda-tanda (kekuasaan)-Nya adalah manakala kamu melihat bumi itu kering tandus, maka apabila kami turunkan air di atasnya, niscaya ia bergerak subur, sesungguhnya Tuhan yang menghidupkannya tentu dapat menghidupkan yang mati; sesungguhnya dia maha kuasa atas segala sesuatu,” (QS. Fusshilat: 39)

Dalam Islam sendiri, saat hujan turun muslim dianjurkan untuk membaca doa agar dijauhkan dari musibah dan mendapatkan berkah.

Doa yang dilantunkan pun cukup singkat sehingga bisa dipanjatkan dalam segala situasi dan kondisi.

Doa Turun Hujan Rintik-rintik (Gerimis)

اللَّهُمَّ صَيِّبًا نَافِعًا

Allahumma shoyyiban nafi’an

Artinya: Ya Allah, curahkanlah air hujan yang bermanfaat

Sementara itu, ketika muslim terjebak di wilayah yang sedang diguyur hujan lebat, maka dianjurkan membaca doa seperti di bawah ini.

Doa Hujan Lebat

اللَّهُمَّ حَوَالَيْنَا وَلاَ عَلَيْنَا ، اللَّهُمَّ عَلَى الآكَامِ وَالظِّرَابِ ، وَبُطُونِ الأَوْدِيَةِ ، وَمَنَابِتِ الشَّجَرِ

BACA JUGA:  Doa Bahasa Jawa

Allahumma hawalaina wala ‘alaina, Allahumma ‘alal akami wa adhirabi, wa buthunil auwdiyati, wamanabitisyajari.

Artinya: “Ya Allah turunkan hujan ini di sekitar kami jangan di atas kami. Ya Allah curahkanlah hujan ini di atas bukit-bukit, di hutan-hutan lebat, di gunung-gunung kecil, di lembah-lembah, dan tempat-tempat tumbuhnya pepohonan.” (HR Bukhari Muslim)

Biasanya saat intensitas hujan sedang tinggi, petir acap kali mengiringinya.

Untuk itu, dalam hadist riwayat At-Tirmidzi, Ahmad dan Al-Hakim menyebut doa yang kerap dilantunkan Rasulullah SAW. ketika mendengar petir adalah sebagai berikut:

Doa Mendengar Petir

أللهم لا تقتلنا بغضبك ولا تهلكنا بعذابك وعافنا قبل ذلك

Allahumma la taqtulna bighadabika wala tuhlikuna bi’adzabika wa’afina qobla dzalika

Artinya: Ya Allah, janganlah binasakan kami dengan murka-Mu, jangan hancurkan kami dengan siksa-Mu. Selamatkan dan ampunilah kami sebelum itu semua.

Setelah mengetahui doa memohon perlindungan saat turun hujan, semoga kita senantiasa dilindungi Alllah SWT, Insyaallah.***