DOA DENGAN KIRIM STIKER WHATSAPP, APAKAH DIKABULKAN?

Diposting pada

Daftar Isi

Di zaman yang semakin canggih, umat manusia disuguhkan dengan banyak fasilitas yang memudahkannya dalam melakukan banyak hal, tak terkecuali dalam melakukan ibadah dan amal-amal kebaikan.

Anda bisa membaca Al-Qur’an dengan tanpa harus membawa mushaf. Anda bisa membacanya di mana saja dengan cukup membuka Android. Anda bahkan bisa belajar apapun melalui internet, tentu saja dengan batasan-batasan yang diperbolehkan syariat agama.

Salah satu hal yang memudahkan umat Islam di era modern ini ialah berdoa dengan kirim stiker WhatsApp. Lalu, apakah boleh dan pahalanya sampai jika kita berdoa dengan seperti itu?

Jawabannya adalah tidak akan sampai. Doa yang akan sampai kepada orang yang sudah wafat hanya akan sampai bilamana diucapkan dengan lisan. Pun dengan doa-doa yang diniatkan untuk hal-hal lainnya, tidak cukup hanya dengan stiker WhatsApp.

Mengutip NU Online, berikut dalil-dalil yang menegaskan bahwa pahala doa hanya akan sampai manakala doa-doa itu diucapkan.

1. Kitab Al-Adzkâr li-Syaikh al-Islâm al-Imâm al-Nawawiy hal. 150:

بابُ ما ينفعُ الميّتَ من قَوْل غيره: أجمع العلماء على أن الدعاء للأموات ينفعهم ويَصلُهم‏.‏ واحتجّوا بقول اللّه تعالى‏:‏ ‏{‏وَالَّذِينَ جاؤوا مِنْ بَعْدِهِمْ يَقُولُونَ رَبَّنا اغْفِرْ لَنا ولإِخْوَانِنا الَّذين سَبَقُونا بالإِيمَانِ‏….} وغير ذلك من الآيات المشهورة بمعناها، وفي الأحاديث المشهورة كقوله صلى اللّه عليه وسلم‏:‏ ‏”‏اللَّهُمَّ اغْفِرْ لأهْلِ بَقِيعِ الغَرْقَدِ‏”‏ وكقوله صلى اللّه عليه وسلم‏:‏ ‏”‏اللَّهُمَّ اغْفِرْ لِحَيِّنا وَمَيِّتِنَا‏”‏ وغير ذلك‏.‏

Artikel Pilihan:  Anggota Tubuh Yang Bisa Jadi Tempat Tinggal Jin Dan Setan

Artinya: “Bab perkataan dan hal-hal lain yang bermanfaat bagi mayit: Ulama sepakat, doa untuk orang meninggal dunia bermanfaat dan pahalanya sampai kepada mereka. Ulama berargumen dengan firman Allah: “Dan orang-orang yang datang sesudah mereka, mereka berdoa: “Ya Rabb kami, beri ampunlah kami dan saudara-saudara kami yang telah beriman lebih dulu dari kami” (59:10), dan ayat-ayat lain yang semakna. Begitu juga berdasarkan hadits-hadits masyhur, misalnya do’a Nabi shallallâhu ‘alayhi wa sallam: “Ya Allah berikanlah ampunan kepada ahli kubur Baqi al-Gharqad,” juga do’a Beliau: “Ya Allah berikanlah ampunan kepada yang masih hidup dan sudah meninggal di antara kami”, dan hadits lain yang semakna.