CARA MENGUSIR SY4HW4T

Diposting pada

Daftar Isi

“CARA MENGUSIR SY4HW4T”

لا يخرج الشهوة من القلب الا خوف مزعج او شوق مقلق

“Tiada yg bisa mengusir sy4hw4t dari hati, kecuali rasa takut yg menggetarkan atau rasa rindu yg menggelisahkan.”

Menurut Syaikh Abdullah Asy-Syarqawi, tak ada yg bisa mengusir sy4hw4t dari hati, kecuali rasa takut yg mengganggu dan menguasai relung hati.

Sebagai buah dari penyaksian terhadap sifat² Allah Yang Maha Mulia. Caranya adalah dgn melihat tanda² kebesaran-Nya, merenungkan ayat²-Nya yg berisi ancaman dan mengingat maut, alam kubur, pertanyaan para malaikat dan selalu mengingat Hari Kiamat.

Bisa juga mengusir sy4hw4t dari hati adalah dgn rasa rindu yg menggelisahkan, yg masuk ke dlm hati dan berpangkal dari penyaksian sifat² keindahan-Nya. Saat kita mempunyai rasa rindu yg dahsyat kepada Allah, maka akan mengusir dorongan sy4hw4t.

Baca juga:  KASYAF DALAM ILMU TASAWUF

Sumber rasa rindu itu adalah kebiasaan melihat dan mengingat ayat² Allah yg mengandung janji-Nya. Mengingat janji Allah bagi para ahli ketaatan dan para wali-Nya, yaitu berupa surga yg tak pernah dilihat mata, tak pernah didengar telinga, dan tak pernah terdetik sedikit pun di hati manusia.

Cara berikutnya adalah dgn kebiasaan menghadiri majelis² dzikir. Sebab dzikir merupakan terapi dan cara yg paling efektif utk meraih semua itu. Oleh karena itu, mari memulai membiasakan diri utk berdzikir, sedikit demi sedikit, agar dapat menenangkan hati dan menumbuhkan rasa takut dan rindu kepada Allah Ta’ala.

Baca juga:  KAJIAN TASAWUF PENYEBAB KERASNYA HATI

 Syaikh Ibnu Atha’illah qs.

ﺍﻟﻠَّﻬُﻢَّ ﺻَﻞِّ ﻋَﻠﻰَ ﺳَﻴِّﺪِﻧَﺎ ﻣُﺤَﻤَّﺪِ، ﺍﻟْﻔَﺎﺗِﺢِ ﻟِﻤَﺎ ﺃُﻏْﻠِﻖَ ﻭَﺍﻟْﺨَﺎﺗِﻢِ ﻟِﻤَﺎ ﺳَﺒَﻖَ، ﻧَﺎﺻِﺮِ ﺍﻟْﺤَﻖِّ ﺑِﺎﻟْﺤَﻖِّ، ﻭَﺍﻟْﻬَﺎﺩِﻱ ﺇِﻟَﻰ ﺻِﺮَﺍﻃِﻚَ ﺍﻟْﻤُﺴْﺘَﻘِﻴْﻢِ ﻭَﻋَﻠﻰَ ﺁﻟِﻪِ ﺣَﻖَّ ﻗَﺪْﺭِﻩِ ﻭَﻣِﻘْﺪَﺍﺭِﻩِ ﺍﻟﻌَﻈِﻴْﻢِ