Cara Mengganti Shalat yang Telah Ditinggalkan Bertahun-tahun

Kedua, waktu men-qadha’. Banyak ulama’ yang berpendapat bahwa seseorang yang meninggalkan shalat tanpa udzur tidak boleh melakukan apapun selain meng-qadha’ shalat, ia hanya diperbolehkan melakukan aktifitas lain untuk memenuhi kebutuhannya dan keluarganya. Hal ini sangat berat dilakukan kebanyakan orang. Namun, ada pendapat dari Al-Imam Abdullah Al-Haddad yang bisa dijadikan solusi. Sebagaimana dikutip dalam Bughyah al-Musytarsyidin:

ومن كلام الحبيب القطب عبد الله الحداد : ويلزم التائب أن يقضي ما فرط فيه من الواجبات كالصلاة والصوم والزكاة لا بد له منه ، ويكون على التراخي والاستطاعة من غير تضييق ولا تساهل –إلى أن قال- وهذا كما ترى أولى مما قاله الفقهاء من وجوب صرف جميع وقته للقضاء ، ما عدا ما يحتاجه له ولممونه لما في ذلك من الحرج الشديد

Baca juga:  TIPS SHOLAT KHUSYUK DARI HABIB UMAR BIN HAFIDH

Sebagian dawuh Al-Habib Abdullah Al-haddad: seseorang yang taubat wajib meng-qadha’ kewajiban shalat, puasa, zakat yang pernah ia tinggalkan. Kewajiban ini dilakukan semampunya. sehingga ia tidak merasa sulit dan keberatan, namun juga tidak boleh sampai menganggap sepele. Pendapat ini -seperti yang anda lihat- lebih utama dari pendapat ulama yang mengatakan tidak boleh melakukan apapun selain men-qadha’ shalat, ia hanya diperbolehkan melakukan aktifitas lain untuk memenuhi kebutuhannya dan keluarganya. Karena sulit diamalkan”

Maka berdasarkan pendapat ini, ia tidak harus menghabiskan seluruh waktunya untuk men-qadha’, ia cukup men-qadha’ semampunya, namun tidak sampai mengangap sepele tanggungan tersebut.

Baca juga:  Bagaimana Cara Melaksanakan Shalat Daim?

Jika lelah, ia boleh beristirahat dan melanjutkannya ketika sudah segar kembali.

Ketiga, cara men-qadha’. Cara men-qadha’ shalat adalah dengan melakukan shalat seperti biasa, namun ada sedikit perbedaan dalam niat, tergantung shalat apa yang akan di-qadha‘. Contoh niat shalat qadha’ adalah sebagaimana berikut:

أُصَلِّي فَرْضَ الْمَغْرِبِ ثلاث رَكعَاتٍ قَضَاءً لله تَعَالَى

Keempat, waktu men-qadha’ tidak terikat waktu. Men-qadha’ salat ashar dapat dilakukan di waktu dzuhur atau waktu yang lain.

Baca juga:  Seorang Penghuni Surga

Wallahu Alam.

Sumber: Islami.co

Tags: #sholat

TIGA WIRID YANG SELALU DIBACA OLEH PARA WALI
TIGA WIRID YANG SELALU DIBACA OLEH PARA WALI Habib Umar Bin Hafidz meriwayatkan
Nabi Khidir, Kecup Dua Jempol Dan Usapkan Di Mata
Ketika anda mendengar muadzin membaca lafadz “Asyhadu anna Muhammadan Rasulullah” biasanya ada sebagian
KETIKA SANTRI MERUQYAH TAPI JIN LEBIH FASIH BACA AL QUR’AN
DITERTAWAI IBLIS Seorang santri yang ahli dalam meruqyah orang yang terkena gangguan Jin
SEBELUM TIDUR, HAPUS DOSA-DOSA KITA DENGAN KALIMAT INI
SEBELUM TIDUR, HAPUS DOSA-DOSA KITA DENGAN KALIMAT INI Ada kalimat yang sangat mudah