Bagaimana Cara Mengetahui Kehidupan Kita Sesuai Catatan di Lauhul Mahfudz? Begini Kata Buya Yahya

Diposting pada

Daftar Isi

Seluruh lika-liku kehidupan manusia sejak pertama kali dilahirkan ke dunia sudah tercatat di lauhul mahfudz.

Lauhul Mahfudz sendiri merupakan catatan (ketetapan Allah SWT) yang bisa saja dihapus atau ditentukan sesuai kehendaknya.

Sebagai seorang muslim, hendaknya kita meyakini bahwa isi dari Lauhul Mahfudz tidak ada yang mengetahuinya kecuali Allah semata.

Dilansir dari ceramah Buya Yahya dalam suatu video kajiannya di kanal Youtube Al-Bahjah Tv yang diunggah pada 23 Maret 2019.

Buya mengatakan, sebelum adanya Lauhul Mahfudz, Allah menciptakan yang namanya qolam yang nantinya dipakai untuk menulis segala alur kehidupan dari awal sampai akhir.

“Pertama Allah menciptakan adalah Al-Qolam. Kemudian Allah berfirman, tulislah wahai qolam. Dengan pena itu, kemudian menulis pena itu semua yang terjadi sampai akhir dan penulisan di Lauh Mahfudz,” katanya.

BACA JUGA:  KHUTBAH JUMAH: TENTANG IKHLAS

Oleh karenanya Menurut Buya Yahya, yang bisa mengetahui peristiwa penulisan tersebut hanya Allah SWT.

Adapun tugas dari manusia yaitu berusaha untuk meraih petunjuk dari Allah supaya segala kebutuhan kita dicukupi dan dimudahkan Nya.

Salah satu petunjuknya menurut pengasuh ponpes Al-Bahjah tersebut adalah senantiasa patuh dalam menjalani syariat Allah, sehingga tetap berada di jalan yang lurus.