APA BENAR KANJENG RATU KIDUL BENAR BENAR ADA?

Diposting pada

Daftar Isi

Ibu Kanjeng Ratu Kidul juga mempunyai hubungan dekat dengan para dewa. Hubungannya adalah dalam hal wahyu-wahyu dewa. Beliau banyak menerima permintaan dari orang-orang tertentu (melalui para spiritualis dan kuncen) yang ingin terpenuhi keinginannya menjadi bagian dalam kepemimpinan pemerintahan. Ibu Kanjeng Ratu Kidul memintakan wahyu untuk mereka kepada para dewa, supaya dengan wahyu tersebut keinginan mereka terlaksana.

Ibu Kanjeng Ratu Kidul juga sudah mengetahui tentang sosok Sang Satria Piningit yang akan menjadi Ratu Adil di Tanah Jawa, tetapi beliau tidak berani mengungkapkannya. Beliau ‘miris’ dengan kegaiban orang tersebut. Beliau sangat berhati-hati dan menjaga jarak, jangan sampai membuat kesalahan, karena jika itu terjadi, bukan hanya dirinya, bahkan suaminya atau para dewa sekalipun, tidak akan mampu menolongnya dari hukuman. Sekalipun Ibu Kanjeng Ratu Kidul bukan bawahannya, tetapi beliau ada di bawah kekuasaan orang itu.

Dalam cerita mistis di masyarakat sering ada kesimpang-siuran cerita yang menyamakan Ibu Ratu Kidul dengan Nyi Blorong.

Nyi Blorong adalah asli bangsa jin. Wujudnya seperti manusia perempuan tetapi berbadan ular. Asal-usul aslinya adalah dari sebuah gunung di Jawa Barat. Dulu ia pernah datang bertarung melawan Ibu Ratu Kidul untuk memperebutkan kekuasaan di pantai selatan jawa dan wilayah jawa tengah dan jawa timur. Tetapi dia kalah. Atas seizin Ibu Ratu Kidul, Nyi Blorong bertempat tinggal dan berkekuasaan di Pantai Karang Bolong dan sekitarnya (Kebumen-Cilacap, Jawa Tengah).

Baca juga:  Kisah Sunan Kalijaga Dengan Nyi Roro Kidul, Kisah Asmara dalam Peperangan

Nyi Blorong ini berwatak jahat. Untuk mencari pengikut, dia memberikan kesaktian dan jasa pesugihan kepada manusia yang memintanya, yang kemudian setelah orang tersebut meninggal dunia atau tidak mampu memenuhi perjanjian akan dijadikan tumbalnya atau dijadikan budaknya.

Tetapi karena ketidaktahuan orang kemudian terjadi kekeliruan yang kaprah yang Nyi Blorong ini disamakan orang sebagai Ibu Ratu Kidul dan pesugihan Nyi Blorong ini juga dikatakan sebagai pesugihan Ibu Ratu Kidul.

Ada juga orang-orang yang mengatasnamakan Ibu Kanjeng Ratu Kidul dalam keilmuannya seolah-olah mereka sering bertemu dengan ibu Ratu Kidul atau keilmuannya ada hubungannya dengan beliau. Padahal sebenarnya mereka tidak mengenal dan tidak pernah bertemu dengan Ibu Ratu Kidul. Ibu Ratu Kidul juga tidak mengenal dan tidak pernah menemui mereka. Jadi dalam hal ini mereka hanya menunggangi nama Ibu Ratu Kidul saja untuk kepentingan mereka.

Di sisi lain, ada juga spiritualis yang bertopeng memberikan jasa kebatinan kerohanian untuk ketenangan hidup. Sebagiannya merekrut anggota dan mengadakan ritual di pantai selatan seolah-olah mereka mengenal Ibu Ratu Kidul. Padahal sebenarnya mereka tidak mengenal dan tidak pernah bertemu dengan Ibu Ratu Kidul. Ibu Ratu Kidul juga tidak mengenal dan tidak pernah menemui mereka. Jadi dalam hal ini mereka hanya menunggangi nama Ibu Ratu Kidul saja untuk kepentingan mereka. Padahal laku ritual, doa-doa dan ilmu-ilmu yang mereka ajarkan kepada para anggotanya berlatar-belakang-kan agama, diambilkan dari kitab suci agama, untuk apa mereka meminta restu dan berkah kepada Ibu Ratu Kidul. Kenapa tidak meminta restu langsung kepada Tuhan?

Baca juga:  GUS DUR DAN NYI RORO KIDUL

Ibu Kanjeng Ratu Kidul sering dikatakan sebagai mahluk siluman. Beliau, karena kekuatan ilmunya, kondisi sifat fisik energinya berubah menjadi seperti sifat fisik energi bangsa jin, tidak lagi sama dengan sifat fisik energi sukma manusia pada umumnya. Tetapi sosoknya tidak berubah, tetap masih seperti aslinya, cantik seperti putri keraton. Jadi yang berubah hanya sifat energi dari sukmanya saja yang seperti energi bangsa jin, tidak sama lagi dengan sifat energi sukma manusia pada umumnya, sedangkan sosoknya sendiri tidak berubah.🙏