5 Mukjizat Nabi Adam AS yang Belum Banyak Diketahui

Diposting pada

Daftar Isi

5 Mukjizat Nabi Adam AS yang Belum Banyak Diketahui :

NABI Adam Allaihissalam merupakan manusia pertama yang menginjakkan kakinya di bumi. Adam juga manusia pertama yang diciptakan oleh Allah SWT dan manusia pertama juga yang tinggal di surga bersama pasangannya Siti Hawa.

Di dalam Al Quran Allah berfirman, “Hai Adam, bertempat tinggallah kamu dan isterimu di surga serta makanlah olehmu berdua (buah-buahan) di mana saja yang kamu sukai dan janganlah kamu berdua mendekati pohon ini, lalu menjadilan kamu berdua termasuk orang-orang yang zalim.” (QS Al A’raf 19).

Mendengar perintah Allah ini kepada Adam, setan yang tidak mau bersujud dan mengakui bahwa Adam adalah makhluk yang mulia lantas menghasut Adam untuk melanggar perintah Allah.

7 Mukjizat Nabi Muhammad SAW, Membelah Bulan

Namun karena hasutan iblis memakan buah khuldi yang dilarang oleh Allah, Adam dan Hawa diturunkan ke bumi. Meski telah bertaubat dan mengampuni kesalahannya, Allah tetap tidak mengizinkan keduanya untuk kembali tinggal di surga, dan memintanya tinggal di bumi.

Sesampainya di bumi, keduanya terpisah atau Allah tempatkan di lokasi berbeda. Sebagaimana dilansir dari berbagai sumber, Nabi Adam diturunkan di puncak Bukit Sri Pada (di kawasan Sri Lanka), sedangkan Hawa berada di daerah Arab. Keduanya hidup terpisah selama sekitar 40 tahun.

BACA JUGA:  NABI ADAM AS DAN IBLIS DAN IBLIS TINGGAL DI SURGA YANG SAMA?

Hingga akhirnya, Allah SWT mempertemukan kembali keduanya di satu bukit bernama Jabal Rahmah, setelah 40 hari terpisah.

Kisah diturunkan Adam dan Hawa ke bumi seperti yang dijelaskan Allah SWT dalam Alquran (QS. Al Baqarah 30). “Mengapa Engkau hendak menjadikan (khalifah) di bumi itu orang yang akan membuat kerusakan padanya dan menumpahkan darah, padahal Kami senantiasa bertasbih dengan memuji Engkau dan mensucikan Engkau? Allah SWT berfirman, “Sesungguhnya Aku mengetahui apa yang tidak kamu ketahui.”

Sejak dipertemukan kembali oleh Allah SWT, Adam dan Hawa memulai hidup yang baru di bumi dan dikarunia banyak keturunan. Berikut adalah mukjizat Nabi Adam AS:

1.Menjadi khalifah pertama di bumi.

2.Diajarkan oleh Allah SWT segala hal tentang nama benda dan makhluk di bumi.

3.Memiliki umur yang panjang dan bisa memberikan 40 tahun untuk Nabi Daud.

4.Memiliki tinggi 60 hasta.

5.Dikaruniai keturunan kembar berpasang-pasangan, laki-laki dan perempuan.